Monday, February 20, 2012

Semangat Kolaborasi Yayasan Sekolah Rakyat Bogor


Berawal dari pertemuan saya dengan Mbak Paramita Mentari seorang aktivis WWF Indonesia pada tanggal 10 – 12 Februari 2012 yang lalu di acara Indonesia Young Changemaker Summit  (IYCS) yang diadakan di Bandung, tepatnya di Gedung Konfrensi Asia Afrika dan Gedung Indonesia Menggugat, maka disepakati untuk melakukan kerjasama lanjutan dengan Yayasan sekolah Rakyat Bogor yang saya pimpin dengan teman-teman yang ada di Bogor.

Pertemuan pun dilakukan untuk menindaklanjuti ide kerjasama atau kolaborasi yang bertajuk: Ini AKSIKU mana AKSIMU? Di sekretariat Yayasan Sekolah Rakyat Bogor yang berlokasi di Desa Cibedug Kec. Ciawi Kab. Bogor. Tepatnya hari sabtu, 18 februari 2012 kami bersama-sama datang dari Jakarta untuk sharing dengan teman-teman pengelola Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (SMP Gratis) yang berada di bawah naungan Yayasan Sekolah Rakyat Bogor. Diskusinya menarik karena disampaikan langsung oleh kawan saya Paramita Mentari dan saudara Ruri yang juga volunteer WWF Indonesia untuk area Bogor. Pembicaraan kami sudah mulai berkembang kepada apa kira-kira isu yang akan dilakukan bersama dalam membangun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan cinta terhadap sesama mahluk hidup.

Disepakati pada pertemuan hari itu bahwa menjelang kegiatan inti “Hemat Energi” yang akan serentak dilakukan pada tgl 31 Maret 2012 akan diadakan juga kegiatan awalan sebagai pembekalan kepada Guru-guru yang ada di bawah naungan Yayasan sekolah Rakyat Bogor. Diharapkan dari Training atau pelatihan guru ini akan memberikan informasi yang utuh mengenai pentingnya mencintai lingkungan dengan memelihara kelestarian alam dan budaya hidup hemat energi.

Traning kepada Guru-guru menjadi penting untuk dilakukan, mengingat guru adalah merupakan ujung tombak pendidikan di Indonesia. Oleh karenanya guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anak didiknya agar juga mencintai alam sekitarnya dengan melestarikan tumbuh-tumbuhan dan hewan dan juga belajar hidup yang sederhana dalam menggunakan energi, demi masa depan mereka sendiri kelak.

Indonesia masa depan adalah, Indonesia yang generasi penerusnya belajar mengolah sumber daya alamnya dengan baik dan memeliharanya dengan mempergunakannya seefesien mungkin untuk kemakmuran rakyat Indonesia di masa yang akan datang. Pemborosan dan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan dan tanpa memikirkan kesiapan stok energi untuk jangka panjang, adalah kesalahan yang perlu dievaluasi bersama.

Menanamkan pesan akan pentingnya hemat energi dan pemeliharaan alam dengan melestarikan tumbuh-tumbuhan dan hewan dengan baik kepada anak didik, sama halnya kita telah berharap besar akan lahirnya sejarah masa depan Indonesia yang gemilang. Mengapa demikian? Karena saat ini, seperti halnya China, yang sedang getolnya mengumpulkan energi dari manapun untuk persiapan masa depan rakyatnya. Nah, jangan sampai kita bangsa Indonesia yang kaya raya akan sumber daya alamnya, suatu saat nanti akan mengemis ke negara lain. Maka tidak jalan lain dalam mengatasi krisis energi nasional kita, kecuali mengajari generasi muda (anak didik) kita untuk hidup hemat sejak dini.

Sebagai lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dan memilih fokus dengan isu pendidikan bagi anak-anak pedalaman yang susah untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak, Yayasan Sekolah Rakyat Bogor, tidak menutup diri akan isu-isu lain yang terjadi di sekitar lingkungannya. Seperti halnya, ketika ada bencana tanah lonsor dan banjir, kami mengerahkan anak didik kami agar terlibat langsung dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. Seperti yang terjadi di Megamendung Bogor, anak didik kami melakukan penghijauan dan pembibitan pohon untuk dibagikan kepada masyarakat luas.

Kami yakin, sekecil apa pun kontribusi kita saat ini, pasti akan berefek baik untuk kelestarian alam Indonesia di masa yang akan datang. Dan yang menikmati itu semua adalah anak cucu kita kelak. Berbuat sekarang! Sama halnya dengan mewariskan sejarah masa depan Indonesia yang sejahtera dan damai. Karena kesejahteraan dan kedamaian tidak tumbuh dan muncul dengan tiba-tiba tanpa dipupuk dan pelihara dari sejak sekarang.

Salam sejahtera dan penuh damai dari anak-anak didik kami di Yayasan Sekolah Rakyat Bogor. Anak-anak sederhana yang mau berbuat untuk kesejahteraan diri dan masyarakatnya dan kejayaan Indonesia kelak.

Keselamatan bumi adalah tanggung jawab bersama umat manusia yang menghuninya!

Baca juga berita terkait:

2 comments:

  1. assalamualaikum......mantaaap pak ! terus kan perjuanganmu...kami rakyat indonesia selalu mendukungmu...by jejen and arifin jurnalis bogor kita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam wrwb...

      Terimakasih atas support dan doanya buat saya dan kawan-kawan di Sekolah Rakyat Bogor. Semoga dukungan mas Arifin dan mas Jejen bisa menambah semangat kami untuk berbuat yang banyak lagi buat pendidikan anak-anak Indonesia yang butuh pertolongan.

      Salam uat teman-teman jurnalis yang tetap peduli untuk membantu mempublish berita dan kegiatan kami selama ini.

      Wassalam,


      Munawar M.Ali

      Delete