Tuesday, April 10, 2012

Ceria Bersama Arai "Sang Pemimpi"

Foto sambutan pada acara motivasi siswa Sekolah Rakyat Bogor


Menjelang waktu dhuhur pada hari senin tanggal  09 April 2012, berbondong-bondong siswa SMP Gratis yang kami kelola di bawah naungan Yayasan Sekolah Rakyat Bogor, datang dengan menumpang angkutan kota (angkot) untuk mengikuti acara Motivasi dan Nonton bareng bersama Arai (Ahmad Rifai ) pemeran utama film “Sang Pemimpi”. Karena letaknya yang berjauhan, kegiatan ini hanya diikuti oleh lebih kurang 250 orang siswa saja. Mengingat jarak mereka yang sangat jauh, jadi hanya delapan Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKBM) yang mengirimkan utusan untuk mengikuti kegiatan yang menurut mereka sangat bagus ini. Maklum, karena anak-anak sekolah kami memang belum pernah bertemu langsung apalagi bernyanyi bareng dengan bintang idolanya secara langsung. Hehehe

Tujuan diadakannya acara – acara seperti  di atas, adalah untuk memotivasi anak-anak sekolah kami di Yayasan Sekolah Rakyat Bogor agar lebih berani merancang masa depan mereka. Atau bahasa yang sering kita ucapkan yaitu memiliki cita-cita yang tinggi. Hal ini sejalan dengan film yang diputarkan saat acara tersebut, yang berjudul “Sang Pemimpi”. Di dalam film tersebut para pengajar mendidik para siswa mereka agar mempunyai mimpi walaupun kondisi atau keadaan ekonomi keluarga pas-pasan. 

Dalam sambutan singkat saya sebagai Ketua Umum Sekolah Rakyat Bogor, saya sampaikan kepada 250 siswa yang hadir dari perwakilan delapan TKB Mandiri tersebut, bahwa dengan pendidikanlah manusia bisa membangun peradaban dunia. Dan dengan pendidikan yang baiklah suatu bangsa akan mengalami kemajuan di masa yang akan datang. Nah, dalam konteks ke-Indonesiaan, masih perlu ditingkatkan lagi pelayanan terhadap dunia pendidikannya, khususnya bagi pendidikan anak-anak yang berada di pelosok-pelosok negeri. Seperti halnya yang ada di Kabupaten Bogor ini. Selain itu, saya juga menghimbau Ibu-ibu yang juga hadir dalam acara tersebut agar tetap menyekolahkan anak-anak mereka di tingkat SMP dan SMA secara gratis di bawah naungan Sekolah Rakyat Bogor. Artinya tidak ada alasan bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anak-anak mereka dengan dalih karena jaraknya yang jauh dari sekolah dan kurangnya biaya untuk operasional mereka. Yayasan Sekolah Rakyat menjadi solusi atas persoalan mereka saat ini. Karena sesungguhnya sekolah atau menuntut ilmu adalah hak setiap orang yang dijamin oleh konstitusi negara secara sah.

Dari Arai “Sang Pemimpi” memberikan motivasi kepada adek-adek yang mengenyam pendidikan di Sekolah Rakyat Bogor, agar tetap tegar dalam menuntut ilmu sekalipun pahit. Tidak hanya itu Arai juga menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur siswa SMP Gratis ini dengan menyanyikan beberapa tembang lagu, seperti Laskar Pelangi, dll.

Di samping nonton bareng dan hiburan lagu dari Aray, kegiatan ini diliput oleh beberapa media elektronik dan media cetak. Seperti Metro TV, TV Swara Media (TV lokal Bogor) dan Bogoe Ekspress. Oleh Metro TV  liputan kegiatan pendidikan gratis untuk masyarakat pedalaman seperti yang digalakkan oleh Yayasan Sekolah Rakyat Bogor ini, memiliki nilai tersendiri di tengah mahalnya biaya pendidikan di berbagai lembaga pendidikan yang ada. 

Melalui Metro TV dan TV lokal di Bogor dan media cetak, saya sampaikan pesan khusus kepada pemerintah agar memperhatikan pendidikan bagi masyarakat pedalaman, di mana pun mereka berada. Mengingat pendidikan merupakan hak yang sangat mendasar bagi setiap anak Indonesia yang dijamin oleh konstitusi kita. Nasib pendidikan anak-anak pedalaman ini adalah tanggungjawab kita bersama. Oleh karenanya semua pihak punya tanggunjawab sosial untuk membantu meringankan beban mereka agar bisa tetap sekolah. Terutama pemerintah wajib hukumnya mencari cara untuk menjamin nasib dan masa depan mereka di masa yang akan datang melalui pendidikan yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment