Sunday, May 13, 2012

Tak Ada Sekolah, Kandang Ayam pun Jadi

Liputan oleh: Fitriani Lestari
13/05/2012 05:53
Liputan6.com, Bulukumba: Potret dunia pendidikan di negeri ini masih saja buram. Lihat saja, bertahun-tahun sudah murid-murid Sekolah Dasar Negeri 310 Nannasa, Kecamatan Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, belajar di kolong rumah seorang warga. Yang lebih memprihatinkan, kolong rumah ini dulunya adalah kandang ayam.

Bisa ditebak, bau tak sedap kotoran pun menyengat hingga mengganggu kegiatan belajar-mengajar. Gangguan juga datang dari ayam-ayam yang masih saja berkeliaran di tempat itu. Murid-murid ini terpaksa belajar di bekas kandang ayam karena lahan sekolah mereka disegel oleh Bakasang yang mengklaim sebagai pemiliknya. Bakasang kesal karena pemerintah tak juga membayarkan ganti rugi lahan tersebut.

Karena lama tak digunakan, gedung SDN 310 Nannasa kini rusak. Banyak peralatan sekolah yang berceceran tak terurus. Ironis memang, karena pemerintah setiap tahun mengklaim menaikkan anggaran pendidikan, namun faktanya masih saja ada anak didik yang tak bisa mendapatkan tempat belajar yang layak. Lalu, siapa sebenarnya yang menikmati anggaran pendidikan yang besar itu?(ADO)

No comments:

Post a Comment